rel='author'

Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani

lintasberita
Bookmark and Share


Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani - Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki banyak sekali potensi yang dapat dijadikan senjata untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani di dunia. Indonesia memiliki sumber daya alam maupun sumber daya manusia melimpah yang dapat dimanfaatkan demi kepentingan negara kita tercinta yaitu "Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Negara Yang Disegani".

Dari kedua "modal" nagara kita yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia , tampaknya sumber daya manusia merupakan sesuatu yang pantas untuk lebih diekploitasi demi memajukan negara kita. Karena negara-negara maju dan disegani di dunia ini seperti Jepang, Inggris, Rusia, Amerika dan Cina merupakan negara maju dikarenakan sumber daya manusia mereka mampu "berbuat banyak" dalam memajukan negara mereka. Khusus Cina, kini mereka telah diperhitungkan dan disegani oleh dunia berkat kemajuan sumber daya manusianya, setelah sekian lama hanya dianggap memiliki populasi manusia terbesar di dunia namun negaranya hanya dianggap sebagai negara berkembang.

Sedikit membahas sepak terjang Cina belakangan ini, mereka mampu keluar dari "label" negara berkembang dan mulai disegani oleh negara lain di dunia ini karena mereka mampu membuat peraturan yang sangat ketat serta mambuat penduduknya sangat menghargai hasil buatan dalam negeri ketimbang hasil buatan negara lain. Dahulu Cina memang negara yang menutup diri terhadap negara lain dan juga tertutup akan segala sesuatu, termasuk dalam informasi dari luar negeri. Jadi tidak mengherankan jika dahulu sangat sulit sekali produk dari negara lain yang dapat masuk ke Cina.

Kini Cina mulai tidak menutup diri dan terbuka akan suatu globalisasi, namun masih tetap dengan batasan-batasan yang sangat ketat. Sebagai contoh kita lihat bagaimana sulitnya Facebook masuk ke Cina, padahal sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia Cina adalah sasaran empuk bagi Facebook dalam menambah jumlah anggotanya. Hal ini dikarenakan apa? Ya di Cina sudah ada jejaring sosial lokal bernama Weibo yang sangat populer di masyarakat mereka. Atau kita lihat bagaimana  Google ngos-ngosan dalam memasuki pasar di Cina. Padahal Google merupakan mesin pencari paling populer di dunia. Lagi-lagi Cina memiliki mesin pencari lokal bernama Baidu. Google yang superior pun tidak mampu melawan Baidu di negara Cina.

Dari sedikit contoh di atas kita lihat bagaimana produk lokal asal Cina mampu mengalahkan produk asing. Padahal produk asing tersebut sangat dominan di pasar global. Ingin tahu apa alasnnya? Di Cina, masyarakatnya sangat menghargai dan bangga terhadap produk buatan dalam negeri ketimbang produk asing. Maka dari itu banyak orang Cina menggunakan produk dalam negeri. Jadi tidak sia-sia bagi si pembuatnya karena hasil ciptaan mereka sangat diminati oleh masyarakat setempat. Hal ini semakin mendorong sejumlah orang di Cina untuk membuat produk baru serta mengembangkannya.

Nah hal di atas lah yang layaknya di contoh oleh masyarakat kita agar menjadikan negara kita disegani oleh negara lain di dunia. Masyarakat kita perlu untuk menghargai serta merasa bangga terhadap hasil ciptaan anak bangsa. Karena selama ini hal tersebut tampaknya kurang dimiliki masyarakat kita. Masyarakat kita cenderung lebih bangga jika memakai hasil buatan orang asing. Alhasil negara kita hanya dijadikan pasar oleh perusahaan-perushaan asal luar negeri.Bangga kah apabila negara kita disebut oleh perusahaan asing, contoh RIM, sebagai negara dengan jumlah pengguna Blackberry terbesar di dunia? Atau kita oleh Facebook disebut sebagai salah satu negara dengan jumlah penggunaFacebook  paling besar di dunia? Jawabannya adalah TIDAK. Kita harusnya mampu menciptakan produk-produk yang menyaingi produk asing tersebut dan kemudian masyarakat kita beralih menggunakan produk hasil buatan anak bangsa. Jangan biarkan produk asing berkuasa dan mengeruk uang dari negara kita ! Kita harus bangga terhadap Indonesia. Jadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani ! Dan Wujudkan misi aksi Indonesiaku sesuai tema yang dikumandangkan Lintas.Me !


.::Artikel Terkait Yang Lainnya,Semoga Membantu::.

Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani dan anda bisa menemukan artikel Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani ini dengan url http://membacateknologi.blogspot.com/2012/11/membuat-bangsa-indonesia-menjadi-bangsa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani sumbernya.

Ditulis Oleh : Radhit Yusandhi ~ Membaca Teknologi

Blog Yang Mengulas Tentang Dunia Teknologi. Khusus Untuk Rubrik OPINION, Para Pembaca Sekalian Diberikan Kebebasan Dalam Mengeluarkan Pendapat Maupun Berdebat
Read More About Author

Komentar :

ada 3 comments ke “Membuat Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Yang Disegani”
Dita Aditya Putri said... Reply Comment
pada hari 

Wah bener juga ya harus bangga dg produk sendiri. Klo fasilitas blog yg buatan indo apa ya?

Admin said... Reply Comment
pada hari 

terima kasih sebelumnya atas komentar anda pada artikel ini, iyaa kita harus bangga terhadap produk dalam negeri, seperti yang telah dikatakan oleh Pak Dahlan..
Untuk blog buatan Indonesia sepertinya belum ada, namun ada situs jejaring sosial buatan Indo namanya Indoface.com, di stu di sediakan fsilitas blog jg,,

Anonymous said... Reply Comment
pada hari 

memang betul kita harus sangat banggga dengan produk kita sendiri,terutama di negara kita ini Indonesia yg sangat kaya akan sumber daya alamnya,kita bisa mendapatkan apa saja yg kita inginkan di negara kita ini yg juga hasil alam dan buatan negri kita sendiri,jaganlah kita memperkaya negara org lain dengan membeli produk mereka yg sesungguhnya kita bisa dpt di negara kita sendiri,motiv dan kualitasnyapun bahkan jauh lebih baik di banding dgn kita punya sendiri.

Post a Comment

Bagi Pembaca Yang Baik, Di Mohon Setelah Membaca Artikel Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Dari Solidaritas Anda

.

.

.

.
 
Add to Google Reader or HomepageSubscribe in NewsGator OnlineAdd to My AOLAdd to netvibesSubscribe in BloglinesAdd to The Free DictionaryAdd to Excite MIXAdd to netomat HubAdd to fwickiAdd to Webwag