rel='author'

Mengapa Smartphone Blackberry Laku Di Indonesia Sedangkan Playbook Tidak ?

lintasberita
Bookmark and Share


Saat saya menulis beberapa artikel belakangan ini tentang produk dari RIM, saya mulai berpikir sejenak mengapa di Indonesia ini produk smartphone Blackberry laku keras sedangkan produk RIM lainnya yaitu Blackberry Playbook sama sekali tidak dilirik oleh para pengguna tablet di tanah air? Ini yang kemudian menjadikan pertanyaan pada diri saya sendiri.

Padahal kedua perangkat mobile ini juga sama-sama keluaran dari RIM dan menggunakan platform OS Blackberry. Pastinya beberapa aplikasi yang ada pada kedua perangkat ini pastilah sama. Namun mengapa orang Indonesia dalam memilih tablet cenderung membeli tablet merek lainnya? Semisal Samsung Galaxy Tab, padahal dari segi harga Playbook lebih murah.

Bahkan family saya beberapa saat lalu saat akan membeli tablet dengan harga 2-3 jutaan justru memilih merek Huaweii, bukan Playbook. Padahal dari segi harga kedua tablet ini tidak jauh beda. Apa karena Huaweii memakai platform Android?

Oke lah jika kita melihat dari sisi platform yang digunakan, namun buktinya smartphone Blackberry dapat bersaing dengan smartphone merek lain yang menggunakan Android? Bahkan pengguna smartphone Blackberry di Indonesia  melampaui jumlah pengguna Samsung yang notabene merupakan brand ponsel paling laris di pasar global.

Dari uraian di atas, saya belum mampu menarik kesimpulan maupun jawaban dari permasalahan tersebut. Barangkali anda semua tahu jawabannya? Mengapa smartphone Blacberry laku di Indonesia sedangkan Playbook tidak? Saya nanti komentar anda.


.::Artikel Terkait Yang Lainnya,Semoga Membantu::.

Anda sedang membaca artikel tentang Mengapa Smartphone Blackberry Laku Di Indonesia Sedangkan Playbook Tidak ? dan anda bisa menemukan artikel Mengapa Smartphone Blackberry Laku Di Indonesia Sedangkan Playbook Tidak ? ini dengan url http://membacateknologi.blogspot.com/2012/06/mengapa-smartphone-blackberry-laku-di.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengapa Smartphone Blackberry Laku Di Indonesia Sedangkan Playbook Tidak ? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengapa Smartphone Blackberry Laku Di Indonesia Sedangkan Playbook Tidak ? sumbernya.

Ditulis Oleh : Radhit Yusandhi ~ Membaca Teknologi

Blog Yang Mengulas Tentang Dunia Teknologi. Khusus Untuk Rubrik OPINION, Para Pembaca Sekalian Diberikan Kebebasan Dalam Mengeluarkan Pendapat Maupun Berdebat
Read More About Author

Komentar :

ada 6 comments ke “Mengapa Smartphone Blackberry Laku Di Indonesia Sedangkan Playbook Tidak ?”
Qori said... Reply Comment
pada hari 

playbook sudah kalah pamor di Indonesia, andaikan playbook juga menjual gaya hidup seperti ponsel bb, maka lain cerita. Lagipula, orang lebih familiar dengan macbook kan?

Membaca Teknologi said... Reply Comment
pada hari 

kalo soal gaya hidup sih itu tergantung persepsi masyarakatnya saja, BB sudah terlanjur tren sih, kn masyrakat kita itu masih memendam budaya ikut2. Jd klo untk smartphone yg lh laris it BB ya masyarakt kita ngikut aja, jd mreka tdk melihat dr sisi kegunaannya

Qori said... Reply Comment
pada hari 

kegunaannya untuk remaja?
Facebook machine...
kalau dikembalikan sebenarnya dengan fitur gadget yg udah memungkinkan ini:
- update status sama twit
- buffer youtube
- main game casual kayak angrybird/fruit ninja
minus:
- untuk blogging.

mending android menurut ane karena dasarnya sama aja. Kecuali cenderung ngurusin bisnis, baru perlu playbook. IMO

Membaca Teknologi said... Reply Comment
pada hari 

iyaa sih gan kalo menurut ane juga lebih baik tablet dengan platform Android, jika dilihat dari fitur-fitur yg di sediakan serta aplikasi yg dapat kita manfaatkan yang tersedia pada Google Play, platform Android lebih unggul.
platform Blackberry tidak bgtu memiliki aplikasi yg sebanyak disediakan pd Google Play, karena para developer lebih suka membuat apliaksi untuk Android maupun iOS.

BMB said... Reply Comment
pada hari 

kalo gue bilang sih karena iklan playbook yg kurang gencar,jadi banyak yg kurang tau.padahal dari harga & spec gak kalah tuh

Radhit Yusandhi said... Reply Comment
pada hari 

kalo soal pemasaran sih sya pikir cukup, selain itu kn brand RIM sudah terkenal di psar global, tapi ya itu tadi, karena apa yang ada pada playbook tidak sevariatif yang ada pada tablet iPad maun tablet Android

Post a Comment

Bagi Pembaca Yang Baik, Di Mohon Setelah Membaca Artikel Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Dari Solidaritas Anda

.

.

.

.
 
Add to Google Reader or HomepageSubscribe in NewsGator OnlineAdd to My AOLAdd to netvibesSubscribe in BloglinesAdd to The Free DictionaryAdd to Excite MIXAdd to netomat HubAdd to fwickiAdd to Webwag